DPD PKS Pekanbaru Serahkan Bantuan Rohingya Melalui PKPU

Pekanbaru – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pekanbaru menyerahkan bantuan untuk Rohingya Rp28 juta kepada PKPU Cabang Riau di Markaz Dakwah PKS Riau, Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru , Kamis (28/9).

Bantuan itu diserahkan oleh Ketua DPD PKS KOTA Pekanbaru Sofyan Siroj LC MM kepada Ketua PKPU Cabang Riau, Afrizal.

Sebelum penyerahan, Sofyan Siroj menjelaskan bahwa dana itu mayoritas dihimpun dari kader dan simpatisan PKS yang dikumpulkan dalam waktu kurang dari 2 pekan. “PKS itu partai dakwah milik umat. Karena itu kita ingin hadir  memberi manfaat pada umat. Kita akan terus berbuat untuk umat, dimana saja, tidak hanya di Indonesia,” ujar Sofyan Siroj.

Sofyan meyakinkan bahwa PKS akan selalu berada di depan untuk kepentingan umat. “Kita jadi inisiator dan promotor dalam persoalan bantuan kemanusiaan ini,” tambahnya.

Sofyan menambahkan, bantuan untuk etnis Rohingya merupakan kerja panjang. Bukan hanya meringankan para pengungsi, tapi juga memperjuangkan kewarganegaraan Rohingya di Myanmar. “Kita tidak akan berhenti sampai Rohingya diakui sebagai warga negara Myanmar,” ucapnya.

Ketua PKPU Cabang Riau, Afrizal mengatakan Rohingya merupakan salah satu suku di Rakhine, salah satu negara bagian di Myanmar. Di daerah ini suku mayoritasnya beragama Budha.

“Dari 20 suku yang ada di Myanmar, Rohingya merupakan suku yang ditingkatkan oleh pemerintah Myanmar. Sejak tahun 1982 izin dan hak kewarganegaraan Rohingya dicabut pemerintah Myanmar. Kita akan terus memperjuangkan hak kewarganegaraan saudara kita Rohingya dikembalikan, ” ujar Afrizal.

Afrizal juga mengungkapkan, warga Pekanbaru sangat antusias memberikan bantuan. Bantuan untuk Rohingya dihimpun dari banyak lembaga, masjid-masjid, sekolah dan perguruan tinggi.

“Alhamdulillah antusias masyarakat Riau sangat luar biasa,”ujarnya.

Dikatakan, PKPU Cabang Riau sendiri sudah menghimpun dana sudah Rp 300 jutaan. Dan itu berasal dari sejumlah perguruan tinggi, aksi peduli Rohingya di Simpang SKA dan lainnya.***

Baca Juga

PKS Bentuk Tim Satgas Darurat Sampah Pekanbaru

Pekanbaru – Peman dangan tak biasa diawal tahun 2021 di kota Pekanbaru yakni sampah yang …