Seminar Manajemen Ekonomi Keluarga oleh Calon Gubernur Riau dari PKS Disambut Antusias Masyarakat

photo_2017-08-21_18-54-46Siak – Ratusan  masyarakat terlihat sangat antusias menyaksikan seminar Manajemen Ekonomi Keluarga di Aula Kantor Camat lama Tualang Kelurahan Perawang, Kab. Siak Ahad (20/8/2017). Terbukti sejumlah 400 kursi memenuhi aula dipadati oleh berbagai kalangan masyarakat, bahkan ada beberapa warga yang berdiri tidak kebagian kursi. Masyarakat yang hadir ingin menyaksikan seminar yang di isi oleh pengusaha muda sukses H. Munief, MBA yang datang dari Pekanbaru didampingi istri dr. Arnita Sari. Acara ini dimoderatori oleh Markarius Anwar yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Riau Fraksi PKS.

Materi yang dibawakan oleh H. Munief, MBA dengan penuh wibawa dan bersahabat mengenai Manajemen Ekonomi Keluarga terlihat menarik perhatian masyarakat. Munief memberikan doorprize bagi masyarakat yang bisa menjawab pertanyaan seputar materi.

“Manajemen keuangan keluarga yang baik senantiasa menjaga keseimbangan antara besarnya pendapatan keluarga dengan besarnya pengeluaran. Dalam hal ini Islam mengajarkan kita untuk senantiasa bersifatqona’ah ketika pendapatan keluarga tidak begitu besar dan berusaha untuk mengpotimalkan pos-pos pengeluaran dengan baik, jangan sampai ”besar pasak daripada tiang” ungkap Munief lulusan Master Business Administration (MBA) University Kebangsaan Malaysia.

Didepan ratusan masyarakat, Munief ditengah seminar menyampaikan perlunya ketelitian dan kecermatan dalam merencanakan, menyusun, dan melaksanakan rencana keuangan seseorang khususnya dalam kehidupan rumah tangga. Prioritas alokasi pengeluaran dari gaji yang diterima ada dalam 4 titik, yaitu: Untuk dikeluarkan zakatnya, Pengeluaran kepada pihak ketiga sebagai salah satu kebijakan mendahulukan kewajiban dari pada hak, Investasi dan tabungan untuk kehidupan masa depan dan Terakhir untuk alokasi kebutuhan kita sekarang.

Dalam kesempatan itu,  dr. Arnita Sari juga menjelaskan sebuah keluarga tidak akan lepas dari peran serta ekonomi. Ekonomi memiliki peran sebagai pengelola arus keuangannya dan menjadi salah satu faktor pendukung ketahanan dan keharmonisan keluarga.

Munief berharap semoga seminar ini dapat menjadi masukan berguna bagi masyarakat Perawang untuk mulai menata dan mengatur manajemen dalam keuangan keluarganya. Sehingga terwujudlah sebuah tatanan keluarga yang harmonis. (Nda)

Baca Juga

PKS Bentuk Tim Satgas Darurat Sampah Pekanbaru

Pekanbaru – Peman dangan tak biasa diawal tahun 2021 di kota Pekanbaru yakni sampah yang …