Tanggap Bencana Banjir: PKS Pekanbaru Salurkan Nasi Bungkus dan Ta’jil Bagi Warga Sungai Sibam

Tanggap Bencana Banjir: PKS Pekanbaru Salurkan Nasi Bungkus dan Ta’jil Bagi Warga Sungai Sibam

Guyuran hujan yang terjadi mulai Kamis dini hari, 22 dan pada hari Senin 26 April 2021, membuat beberapa titik lokasi pemukiman di Kelurahan Sungaisibam kembali mengalami genangan air, dan hingga sore hari belum juga surut. Adapun warga yang terdampak banjir merupakan warga di RW 04 di Perumahan Dwi Beringin Indah, Sibam River City, Mande Villa Gran BSD, BSD Perdana dan Perumahan Trilogi.

Penyebab terjadinya genangan air adalah karena curah hujan tinggi, dan luapan Sungai Sibam yang mengalami pendangkalan dan penyempitan saluran, membuat beberapa lokasi pemukiman terendam banjir. Efek banjir ini, kendati hanya sehari, namun juga melumpuhkan aktivitas warga yang terdampak, seperti tidak bisa memasak, hambatan transportasi kendaraan dll.

Inisiatif ketua LPM Kelurahan Sungaisibam M. Khambali bersama dengan pihak Kelurahan melaporkan kejadian banjir tersebut, kepada instansi pemerintah dan juga kepada lembaga2 terkait. Informasi juga disampaikan kepada pengurus DPD PKS Kota Pekanbaru dan kemudian direspon positif.

DPD PKS Kota Pekanbaru melalui Bidang Kesejahteraan Sosial yang di ketuai oleh Edy Iswanto langsung melakukan tindakan untuk segera menyalurkan bantuan. Bantuan pertama diberikan saat banjir pada hari Kamis, (22/04/2021) berupa paket sembako untuk dapur umum.

Penyerahan bantuan sembako langsung dihadiri oleh Ketua DPD PKS Kota Pekanbaru, Ir. H. Ahmiyul Rauf bersama dengan rombongam bidang kesejahteraan sosial. Rombongan DPD PKS disambut oleh beberapa warga dan tokoh masyarakat, seperti Ketua LPM, ketua RW 04 dan RW 04 dan juga Ketua-ketua RT.

Saat hujan kembali mengguyur Kelurahan Sungaisibam dari mulai Subuh hingga siang pada Senin, (22/04/2021), pemukiman tersebut kembali alami banjir. Lalu kembali Ketua LPM Kelurahan Sungaisibam M. Khambali, menelpon pihak DPD PKS.

Pihak DPD PKS kemudian menginformasikan kepada pejabat publik asal PKS. Kemidian pejabat publik tersebut, meneruskan kepada instansi terkait, sehingga dengan cepat pihak dari BPBD Kota Pekanbaru dan Tagana turun, untuk lakukan evakuasi dan juga mendirikan tenda penampungan.

Pihak kelurahan juga menghubungi Puskesmas untuk stanby di Kantor Lurah Sungaisibam, agar dapat melayani warga yang membutuhkan tindakan medis. Karena di lapangan sendiri menurut Ketua LPM M. Khambali terdapat beberapa warga yang baru melahirkan dan akan melahirkan, sehingga harus segera dievakuasi dan mendapatkan pelayanan medis.

Ketua DPD PKS, Ir. H. Ahmiyul Rauf kembali mengintruksikan kepada Ketua Bidang Kesos untuk segera menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. Ahmiyul menyampaikan, untuk bantuan kedua ini kami akan menyalurkan langsung makanan jadi, seperti nasi bungkus dan ta’jil untuk berbuka puasa, sejumlah masing-masing 200 bungkus.

Pada penyerahan bantuan nasi bungkus dan ta’jil juga langsung diserahkan oleh Ketua DPD PKS bersama Dr. Muhammad Ichsan, M. Sc, yang merupakan perancang masterplan banjir Kota Pekanbaru. Penyerahan bantuan kali ini, disambut antusias oleh sejumlah tokoh dan masyarakat yang terdampak banjir (MK).

Baca Juga

PKS Bentuk Tim Satgas Darurat Sampah Pekanbaru

Pekanbaru – Peman dangan tak biasa diawal tahun 2021 di kota Pekanbaru yakni sampah yang …