Tingkatkan Kapasitas Anggota Perempuan, BPKK DPC PKS Tuah Madani Gelar Pendidikan dan Pelatihan

PEKANBARU – Dalam rangka peningkatan kapasitas anggota perempuan, BPKK DPC PKS Tuah Madani menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) 1 yang diikuti oleh perwakilan pengurus BPKK DPRa serta perwakilan penggerak RKI se-Kecamatan Tuah Madani, Ahad (26/6).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kolam Pancing Garuda Outbond Km 8 Garuda Sakti ini diisi dengan dua pembekalan materi, dimana materi pertama dengan tema Pengarusutamaan Keluarga oleh Salmah Murad, ST.

Dalam paparannya, Salmah menuturkan bahwa Pengarusutamaan Keluarga (PUK) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara sistematis dan terpadu, lintas sektoral dan teritorial untuk menjadikan keluarga sebagai basis transformasi sosial bangsa dan dasar pengambilan kebijakan guna mewujudkan keluarga Indonesia yang berkualitas sehingga tercipta tatanan masyarakat yang harmonis.

“Keluarga yang berkualitas itu adalah keluarga yang mampu memproduksi kebaikan atau amal shaleh untuk keluarganya ataupun masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa diperlukan strategi-strategi khusus agar PUK mampu bergerak masif dan bermanfaat untuk masyarakat. Kunci Sukses PUK kata Salmah, adalah dengan melakukan pembinaan keluarga.

Diakhir penyampaian materi, ia memberikan apresiasi kepada BPKK DPC PKS Tuah Madani karena menjadi yang pertama se-BPKK Riau yang mengadakan diklat dengan tema “Pengarusutamaan Keluarga”.

Pengetahuan tentang PUK tentunya harus sampai kepada masyarakat. Penyampaian dengan komunikasi yang baik akan menjadikan masyarakat memahami tentang pentingnya PUK. Oleh karena itu Public Speaking menjadi bahasan pada materi kedua oleh Elvira Rosya, S.Si.

Elvira mengatakan bahwa Public Speaking merupakan pembelajaran bagaimana berbicara/berkomunikasi di depan umum. Komunikasi bertujuan menyampaikan informasi/pesan agar tercipta persepsi yang sama atau pemahaman antara komunikator (yang mengajak bicara) dan audiens (yang diajak berbicara).

Lanjutnya lagi, Elvira mengungkapkan bahwa komunikasi bisa dikatakan sukses apabila ada komunikator, audiens dan informasi yang disampaikan serta sarananya.

“Langkah-langkah yang harus dibangun agar Public Speaking ini berjalan dengan lancar dan sukses yaitu ada perencanaan, pelaksanaan, kesimpulan dan evaluasi,” tuturnya.

“Kita hadir untuk menyampaikan kebaikan dan mengajak masyarakat kepada kebaikan,” demikian materi penutupnya.

Pada sesi kedua, kegiatan di lanjutkan agenda silaturahim seluruh peserta bersama Anggota DPR RI dapil Riau I dari Frasksi PKS, Drs. Chairul Anwar, APt.

Dalam penuturannya, ia memberikan apresiasi kepada para peserta yang hadir dan menyampaikan kalimat yang sangat memberikan motivasi terhadap ruhiyah para peserta.

“Bahwa kita mengikuti agenda-agenda atau berdakwah hanya dalam rangka mengharapkan berkah dari Allah,” demikian kalimat yang menjadi penutup seluruh rangkaian acara.

Baca Juga

Launching Pelatihan Menjahit RKI Marpoyan Damai Pekanbaru

PEKANBARU – Salah satu ruang lingkup Rumah Keluarga Indonesia (RKI) adalah Pos Ekonomi Keluarga. Atas …